May 5, 2010

[Short Review]Ubuntu 10.4 ( Lucid Lynx )

Setelah menunggu lama *lebay* akhirnya saya bisa mencicipi ubuntu 10.4 alias Lucid Lynx. hehehe. Saya coba ngereview singkat ubuntu terbaru saat ini :)

1. Logo ubuntu ternyata berubah :o



Terlihat lebih minimalis, sederhana dan user friendly

2. Mari kita cicipi program program andalan ubuntu 10.4 ini

  • "Gwibber is an open source microblogging client for Linux. It brings the most popular social networking web services to your desktop and gives you the ability to control how you communicate."


Gwibber pada ubuntu 10.4 terletak pada Application>Internet>Gwibber Social Networking


Beginilah penampakannya, Saya mencoba menambahkan account facebook pada gwibber.


Setelah mengisi username & password anda diminta untuk mengizinkan autorisasi, tapi kok saya sudah allow nggak keluar halaman selanjutnya? saya coba ping ke facebook.com sepertinya baik baik saja, Setelah bosan menunggu saya akhirnya dengan berat hati *lebay* saya menutup program yang katanya bagus ini.
  • Emphaty is a messaging program which supports text, voice, and video chat and file transfers over many different protocols. You can tell it about your accounts on all those services and do all your chatting within one application.

Wah klo yang ini ubuntu mania udah pasti pada tau kan, mulai dari versi 9.10 *baca tahun 2009 bulan 10* kemarin menjadi default instant mesagging menjadikan pidgin.



Saya menambahkan account facebook saya biar bisa chat melalui empathy *nggak usah buka browser lagi*

Ternyata................... Network Error, hmm. Pantas saja tadi gwibber nggak bisa, ternyata internet saya yang suram. speedut belakangan ini emang suka keluar pesan DNS error klo saya lagi buka facebook.

  • "Gbrainy is a brain teaser game and trainer to have fun and to keep your brain trained." Ada game baru!!! Horeee, coba ah. wkwkwkw

Seru juga ternyata. hahaha
  • PiTiVi is a free, intuitive and featureful movie editor for the Linux desktop.

Wow sekarang ada video editor yang secara default di ubuntu, berhubung saya nggak mainan sama video jadi saya nggak bisa ngereview program ini. maap, hehehe.

Kesimpulannya

  1. Ubuntu 10.4 ringan, cepat dan keren.
  2. Jika anda sehari hari hanya menggunakan program kantoran seperti Office, Pdf reader, Media Player anda dapat menjadikan ubuntu 10.4 yang gratis, legal, kebal virus dan opensource ini sebagai pengganti windows bajakan anda *Dengan sedikit adaptasi tentunya*
  3. Program andalan *social network client/ gwibber, empathy, etc* akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang suka eksis di dunia maya, tapi sayang saya nggak bisa pake dan me-review karena kendala internet saya suram T_T.
  4. Saya ingin melakukan experiment saya selanjutnya, meskipun linux sudah semakin manusiawi dan userfriendly, menurut saya potensi sesungguhnya dari linux adalah sebagai server, saya ingin mencoba membangun server abal" dengan menggunakan virtualbox. hehehe, Tunggu kelanjutan hasil experiment saya pada tulisan selanjutnya :))


Sebelum experiment selanjutnya saya install ssh dulu deh biar bisa diremote terminal dari windows 7 saya *biar nggak berat dan lebih enak configurenya :))*

Saya coba remote ubuntu saya suruh mati dari terminal ternyata sukses,
The system is going down for power off NOW, Bye.

1 comment: